Pages

Berdasarkan buku pedoman Sertifikasi Guru 2009 kode nomor peserta untuk Kabupaten Melawi dan Sekadau terdapat perubahan berupa pertukaran kode untuk kedua kabupaten tersebut. Sebelumnya kode nomor peserta Kabupaten Melawi adalah 10 dan Sekadau 11 namun pada tahun ini berubah menjadi 10 untuk Kabupaten Sekadau dan 11 untuk kode Kabupaten Melawi.



Seluruh Portofolio yang datang dari kabupaten Melawi (berjumlah 71 peserta) pada hari ini (Jum'at 29/05/09) masih menggunakan format tahun 2008. Karena itu panitia akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan secepatnya dalam mengatasi kesalahan kode nomor seluruh peserta dari kabupaten Melawi terebut mengingat schedule pemerikasaan berkas Portofolio yang sudah semakin dekat.



Dikhawatirkan terjadi hal yang sama dengan Kabupaten Sekadau mengingat perubahan kode Kabupaten pada tahun 2009 ini hanya terjadi di kedua kabupaten tersebut (Sekadau dan Melawi). Oleh karena itu besok (Sabtu 30/05/09) rencananya panitia akan melakukan konfirmasi melalui hubungan telpon dengan pihak Diknas Kabupaten Sekadau guna meminimalisir kesalahan data peserta.
Mei 2009 - Har ini Diknas Kabupaten Sambas mengantarkan Portofolio berjumlah 180 buah. Ini berarti Kabupaten Sambas belum memenuhi kuota yang telah ditetapkan sebanyak 213 peserta. Setelah di klarifikasi dengan pihak Diknas Kabupaten Sambas ternyata kuota yang kosong tersebut sebenarnya telah terisi, akan tetapi diantara peserta tersebut berhalangan seperti sakit dan bahkan ada yang meninggal dunia.



Seperti sebelumnya Portofolio yang datang akan di cek terlebih dahulu kecocokan datanya oleh Panitia Sertifikasi Guru. Setelah melalui proses pengecekan yang memakan waktu hampir 4 jam, panitia menemukan bahwa sebagian besar Portofolio Guru SMA/SMK bermasalah, antara lain perbedaan antara data yang dituliskan oleh peserta dalam Portfolio dan data yang di lampirkan oleh pihak Diknas Kabupaten Sambas, beberapa peserta memiliki perbedaan antara kode nomor peserta dan bidang studi yang diajarnya, serta beberapa permasalahan lainnya.



Untuk itu panitia akan menunda proses lanjut dari Portofolio yang memiliki perbedaan data tersebut sampai proses klarifikasi data seluruh peserta yang bermasalah rampung.
Mei 2009 - Panitia mulai disibukkan dengan pengecekkan Portofolio yang mulai berdatangan. Dimulai dengan kota Singkawang dengan jumlah kuota 138 peserta mulai dari guru TK, SD hingga Pengawas. Pengecekkan yang dilakukan adalah untuk mengecek kecocokan data dari Portofolio yang di susun oleh para peserta dengan data yang di bawa oleh Diknas Kab/Kota mereka.



Peraturan terbaru mengharuskan Diknas Kabupaten/Kota dan juga peserta mempelajari kembali buku pedoman penyusunan Portofolio dengan lebih teliti. Wajar jika didapati kesalahan penyusunan, kekurangan komponen  atau perbedaan data Portofolio seperti yang di alami oleh para peserta dari Kota Singkawang dan beberapa dari Kabupaten Sintang.



Diharapkan sebelum awal Juni 2009, semua Portofolio telah di terima oleh Panitia Sertifikasi Guru (PSG) agar proses penilaian dapat berjalan sesuai schedule yang telah direncanakan.