kumpulan informasi terbaru dan lengkap 2018

Dokumen portofolio dikembalikan?

Tahun 2010 proses verifikasi dokumen portofolio semakin diperketat. Tujuannya adalah untuk meminimalisasi kesalahan atau kekurangan administrasi dokumen peserta sertifikasi guru. Apabila di dalam dokumen portofolio peserta terdapat komponen yang kurang atau bahkan tidak lengkap, maka dapat merugikan peserta itu sendiri.



Sebagai contoh apabila didapati dalam sebuah dokumen portofolio tidak terdapat penilaian atasan dan pengawas, maka berapapun tinggi nilai akhir penilaian, peserta tersebut akan berstatus MPLPG. Lebih fatal lagi apabila panitia tidak melakukan proses verifikasi dan ternyata ada peserta yang hanya mengirimkan 1 dokumen portofolio saja, maka peserta tersebut dapat langsung dinyatakan diskualifikasi, karena salah satu asesor tidak mendapat dokumen peserta tersebut, karena untuk setiap peserta sertifikasi diperiksa oleh 2 orang asesor.



Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan dokumen peserta dikembalikan:

  1. Lembar A1.1 cetakan ASLI dari LPMP tidak ada.
  2. Lembar pernyataan tidak dilengkapi materai atau tidak ditandatangani atau bahkan tidak ada.
  3. Legalisasi dokumen fotokopi, dimaksudkan untuk menyatakan bahwa sebuah dokumen fotokopi adalah sah untuk dilampirkan, karena sesuai dengan aslinya.
  4. Komponen vital tidak lengkap, antara lain; Komponen 1.A, 3.A, 4.B, dan komponen 5.
  5. Dokumen asli yang tidak di jilid bersama dengan portofolio asli.
  6. Tidak ada berkas asli.
  7. Hanya terdapat 1 berkas portofolio saja.



Kelengkapan administrasi portofolio membantu guru betul-betul dinilai rekam jejak sebagai tenaga pendidik. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dokumen portofolio dikembalikan?