kumpulan informasi terbaru dan lengkap 2018

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN membangun Negeri Indonesia tercinta ~ Jika kita baca lebih mendalam akan makna kata tersebut “Bersama UNTAN membangun negeri“, motto itu tidaklah terlalu muluk-muluk karena UNTAN (Universitas Tanjungpura) merupakan sebuah Universitas terbesar di Kalimantan Barat bahkan masuk ke jajaran universitas favorit di Indonesia. Letak UNTAN berada di lokasi yang cukup strategis yang bisa mempermudah orang yang berkunjung ke Kota Pontianak (ibukota Kalimantan Barat) baik itu wisatawan lokal maupun manca negara atau orang Kalimantan Barat pastinya mudah untuk menemukan lokasi dimana UNTAN (Universitas Tanjungpura) berada yang lokasinya berada di pusat Kota Pontianak dengan lebih mudah untuk mencarinya dengan menemukan Bundaran Digulis yang dulunya Bundaran Bambu Runcing.
Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Sejarah berdirinya Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak

Universitas Tanjungpura (UNTAN) didirikan sejak tanggal 20 Mei 1959 dengan menggunakan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta. Pendiri lembaga ini merupakan para tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat yang berasal dari Kalimantan Barat. Pada saat berdiri Universitas Daya Nasional (belum UNTAN) ini memiliki hanya dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan juga Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar saat itu adalah para sarjana dan sarjana muda yang berdomisisi di daerah Kalimantan Barat.
Pada tahun 1963 Universitas Daya Nasional ini akhinya berubah status dari swasta menjadi negeri dan berubah nama menjadi universitas negeri pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Penetapan status Universitas Negeri Pontianak ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak dan ditandai dengan dibukanya dua fakultas baru yakni Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan nama salah satu fakultas yaitu Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi.
Pada tahun 1965, Universitas Negeri Pontianak diubah menjadi Universitas Dwikora berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965, sekaligus dengan pembukaan satu fakultas baru yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).
Pada tahun 1967, Universitas Dwikora berganti menjadi Universitas Tanjungpura (Untan), berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967.  Nama Universitas Tanjungpura atau disingkat UNTAN ini diambil dari nama Kerajaan Tanjungpura. Sampai saat ini Universitas Tanjungpura (UNTAN) memiliki sembilan Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua (S2).

Sembilan Fakultas Universitas Tanjungpura, Besama Untan Membangun Negeri

Dibawah ini akan kami uraikan secara lengkap profil dari sembilan Fakultas yang saat ini dimiliki oleh Universitas tanjung pura pontianak.
Fakultas Hukum UNTAN
Fakultas Hukum merupakan sebuah Fakultas pertama yang dibuka sejak awal berdirinya universitas tanjungpura kota pontianak kalimantan barat indonesia. Fakultas Hukum pada awalnya diasuh para tenaga-tenaga pengajar (Dosen) tidak tetap, yakni para Sarjana Hukum dari beberapa instansi yang berada di Pontianak waktu itu, begitu juga latar belakang mahasiswa waktu itu terdiri dari kalangan PNS (Pegawai Negeri Sipil), TNI/Polri, dan juga karyawan swasta.
Fakultas Hukum: Bersama UNTAN Membangun Negeri
Pada tahun 1963, Fakultas Hukum bekerjasama bersama Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) yang cuma memiliki 1 (satu) Program Studi (Prodi), yaitu Program Studi Ilmu Hukum. tahun 1972, Fakultas hukum mempunyai 3 jurusan, yakni Jurusan Hukum Pidana, Jurusan Hukum Perdata, dan juga Jurusan Hukum Tata Negara. Tahun 1993 atas prakarsa Konsorsium Ilmu Hukum sistem jurusan di Fakultas Hukum ditiadakan dan diganti menjadi Bagian-Bagian, yaitu: Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Keperdataan, dan juga Bagian Hukum Tata Negara.
Tanggal 25 Oktober 2002, berdasarkan Surat Keputusan Dekan No. 2273/3(1)/J22.1/ PP/2002 Prodi Ilmu Hukum menambah dan membentuk 2 Bagian lagi, Bagian Hukum Ekonomi dan Bagian Hukum Internasional. Hingga sekarang ini Fakultas Hukum UNTAN punya 5 bagian, yakni: Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Keperdataan, Bagian Hukum Tata Negara, Bagian Hukum Ekonomi, dan juga Bagian Hukum Internasional.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN
Fakultas Ekonomi Untan merupakan salah satu fakultas tertua di Universitas Tanjungpura Pontianak sama halnya dengan Fakultas Hukum. Pada tahun 1963, nama Fakultas Tata Niaga diganti menjadi Fakultas Ekonomi yang memiliki dua jurusan yakni jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Manajemen.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Pada periode Dekan Periode 1992 – 1995 pimpinan Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Universitas Indonesia Dekan Fakultas Ekonomi berupaya membuka suatu jurusan baru yakni Jurusan Akutansi di Fakultas Ekonomi UNTAN. Pada periode itu juga program ekstensi mulai dibuka di Fakultas Ekonomi UNTAN. Tahun 1996 dibuka dua program baru, yakni Program studi Akuntansi dan Program Ekstensi. Dan hinga sata ini Fakultas Ekoni dan Bisnis memiliki 3 Prodi yakni program studi Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan (IESP), program studi Manajemen dan program studi Akuntansi.
No.
Strata
Jurusan/ Program studi
1.
S-1
Ilmu Ekonomi/ Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
2.
S-1
Ilmu Manajemen/ Ilmu Manajemen
3.
S-1
Akuntansi/ Akuntansi
4.
S-1
Ilmu Ekonomi/ Ekonomi Islam
5.
Profesi
Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi
6.
S-2
Magister Manajemen
7.
S-2
Magister Ilmu Ekonomi
8.
S-2
Magister Akuntansi
9.
S-3
Doktor Ilmu Ekonomi
10.
S-3
Doktor Ilmu Manajemen
Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura
Fakultas Pertanian UNTAN didirikan pada tanggal 20 Mei 1963 bersamaan dengan perubahan nama Universitas Daya Nasional menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor : 53 Tahun 1963 tanggal 16 Mei 1963.  Sebagai pelopor pendiri Fakultas Pertanian yakni Ir. Soedarso Rawidjo yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat.
Fakultas Pertanian, Bersama UNTAN Membangun Negeri
Saat ini Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura memiliki Jurusan dan Program Studi yang terdiri dari:
Jurusan Budidaya Pertanian :
1. Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (Program D3)
2. Program Studi Agronomi / Agroteknologi
3. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan
4. Program Studi Peternakan
5. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan
6. Program Studi Magister Agroteknologi
Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian :
1. Program Studi Agribisnis
2. Program Studi Magister Manajemen Agribisnis (MMA)
Jurusan Ilmu Tanah :
1. Program Studi Ilmu Tanah
Sejak berdirinya Fakultas Pertanian UNTAN sudah banyak Dekan yang memimpin, berikut data Dekan dan periode kepemimpinannya di Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura sebagai berikut:
1. Ir. Soedarso Rawidjo periode 1963 – 1966
2. Ir. Soebakti periode 1966 – 1968
3. Ir. Harsono Reksowardoyo periode 1968 – 1971
4. Drs. Ikin Sabrani periode 1971 – 1977
5. Ir. Hidajat Ardiwinata periode 1977 – 1983
6. Ir. Hj. Purnamawati Kusmiba periode 1983 – 1989
7. Prof. Ir. H. Aminardi, MS periode 1989 – 1995
8. Prof. Ir. M. Alamsyah HB periode 1995 – 1998
9. Prof. Ir. Sakunto, MSc periode 1998 – 2002
10. Dr. Ir. Saeri Sagiman, MSc periode 2002 – 2006
11. Dr. Ir. H. Radian, MS periode 2006 – 2010
12. Dr. Ir. H. Sutarman G, M.Sc periode 2010 – 2014
13. Dr. Ir. H. Radian, MS periode 2014 – 2018
Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura
Fakultas Teknik UNTAN terus menghasilkan lulusan kompeten untuk kebutuhan lokal dan regional. Fakultas Teknik mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang baik dalam bidangnya, menguasai teknologi, dan mengkontribusikan kreativitas mereka untuk kehidupan sosial.
Fakultas Teknik
Program Studi
A. Sarjana
– Elektro
– Informatika
– Sipil
– Arsitektur
– Teknik Lingkungan
– Teknik Industri
– Teknik Pertambangan
– Teknik Kelautan
– Teknik Mesin
– Perencanaan Wilayah Kota
– Teknik Kimia
B. Pascasarjana
– Magister Sipil
– Magister Elektro
Data lain:
– Buku Pedoman Fakultas Teknik
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Tanjungpura
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan nasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2020 ingin menjadi lembaga pusat Politik, Sosial, dan Budaya di Kalimantan Barat.
Fakultas Fisipol
Program Studi
A. Diploma
– Administrasi Perkantoran
– Kesekretariatan
– Kearsipan
B. Sarjana
– Ilmu Administrasi Negara
– Ilmu Sosiatri
– Ilmu Pemerintahan
– Ilmu Politik
– Sosiologi
– Ilmu Hubungan Internasional
– Ilmu Komunikasi
– Antropologi Sosial
B. Pascasarjana
– Magister Ilmu Administrasi Negara
– Magister Ilmu Sosiologi
– Magister Ilmu Politik
Data lain:
– Buku Pedoman FISIP
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura
Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru sebagai lembaga pendidik menghasilkan guru atau pendidik dengan melakukan pendidikan dan penelitian teladan yang berimbang dengan efektif, restrukturisasi, dan sistem deregulasi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNTAN
Program Studi FKIP Untan

A. Diploma
– Perpustakaan
B. Sarjana
– Pendidikan Ekonomi
– Pendidikan Kimia
– Pendidikan Fisika
– Pendidikan Matematika
– Pendidikan Biologi
– Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
– Pendidikan Bahasa Inggris
– Bimbingan Konseling
– Pendidikan Guru Sekolah Dasar
– Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
– Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
– Pendidikan Sosiologi
– Pendidikan Seni Tari dan Musik
– Pendidikan Bahasa Mandarin
– Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
– Pendidikan Sejarah
– Pendidikan Geografi
– Pendidikan Kepelatihan Olahraga
– Pendidikan IPS
B. Pascasarjana
– Magister Administrasi Pendidikan
– Magister Pendidikan Sosiologi
– Magister Teknologi Pembelajaran
– Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
– Magister Pendidikan Matematika
– Magister Pendidikan Ekonomi
– Magister Pendidikan Bahasa Inggris
– Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Data lain:
– Buku Pedoman FKIP
Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura
Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura miliki visi tahun 2020, menjadi lembaga unggul di penelitian dan pengembangan ilmu kehutanan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Fakultas Kehutanan UNTAN juga menghasilkan sarjana profesional kompeten untuk kebutuhan Lokal, Nasional, dan Internasional. Fakultas Kehutanan punya 3 program studi dengan jenjang pendidikan sarjana (S1) dan 1 program studi dengan jenjang pendidikan magister (S2)
Fakultas kehutanan UNTAN
Program Sarjana
– Kehutanan
Program Pascasarjana
– Magister Ilmu Kehutanan
– Magister Ilmu Lingkungan
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UNTAN
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNTAN memiliki visi menjadi sebuah lembaga ilmu pasti dan ekstensi yang menghasilkan lulusan dengan karakter berkualitas yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kami mendidik, meneliti, dan mengembangkan ilmu pasti dalam lingkungan. FMIPA UNTAN memiliki 9 program studi dengan jenjang pendidikan sarjana (S1) dan 1 program studi dengan jenjang pendidikan magister (S2).
Fakultas MIPA UNTAN
Program Sarjana
– Sistem Komputer
– Sistem Informasi
– Matematika
– Fisika
– Biologi
– Kimia
– Geofisika
– Ilmu kelautan
– Statistik
Program Pascasarjana
– Magister Kimia
Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura
Fakultas Kedokter Universitas Tanjungpura punya visi menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang kompetitif dan juga profesional di Regional, Nasional, Internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang lebih baik. Fakultas kedokteran membimbing mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka dengan memfasilitasi mereka dengan ilmu pengetahuan dasar dan menyelesaikan penerapan dalam masalah kesehatan. Kami juga mengembangkan pengetahuan profesional dan keterampilan untuk meningkatkan kinerja lulusan.
Fakultas Kedokteran UNTAN: Bersama UNTAN Membangun Negeri
Saat ini Fakultas Kedokteran UNTAN memiliki 3 program studi dengan jenjang pendidikan sarjana.
Program Sarjana
– Pendidikan Dokter
– Farmasi
– Farmasi(Profesi)
– Keperawatan
– Keperawan(Profesi)
Jadi, apakah kita masih meragukan akan keunggulan salah satu Universitas kebanggaan Kalimantan Barat bahkan kebanggan Indonesia tercinta? Tidak mudah bagi Untan untuk membangun negeri tanpa adanya partisipasi dan dukungan dari para warga/masyarakat Kalimantan Barat atau Indonesia. Mari kita sukseskan Negara Indonesia dengan maju Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bersama UNTAN Membangun Negeri